Cjah kediri-Jatim. Diberdayakan oleh Blogger.

Keistimewaan Penghafal Al-Qur'an (HAFIDZ)

26.1.13


Keistimewaan PengHAFAL AL-QUR’AN (HAFIDZ)
hafidz Al-Qur'an.jpg
Al-Qur’an tidak lain hanyalah peringatan bagi penduduk seluruh alam. Dan demi sesungguhnya, kamu akan mengetahui kebenaran perkara-perkara yang diterangkannya, tidak lama lagi.” [Qur’an, Surah Saad 38: 87-88]
Al-Qur’an adalah kitabullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang kekal abadi dan terpelihara serta dijaga oleh ALLAH SWT sampai akhir zaman. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hijr ayat 9, "Sesungguhnya, Kamilah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami yang benar-benar memeliharanya." Rasulullah SAW memelihara Alquran dengan menghafalkan setiap ayat yang diwahyukan kepadanya.
Bahkan, Allah SWT telah menjamin terpeliharanya hafalan Nabi SAW terhadap ayat-ayat Alquran. "Janganlah kamu menggerakan lidahmu untuk (membaca] Alquran karena hendak cepat-cepat menguasainya, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. (QS Al-Qiyamah 16-17)
Rasulullah SAW sangat mendorong sahabat dan umatnya untuk menghafal ayat-ayat suci Alquran. Nabi Muhammad SAW mengibaratkan orang yang tak memiliki hafalan Alquran sebagai gubuk kumuh yang nyaris roboh. "Orang yang tidak mempunyai hafalan Alquran sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh." (HR Tirmidzi). "Barangsiapa yang membaca (hafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya." (HR Hakim).
Beberapa keistimewaan seorang yang menghafal AL-Qur’an (HAFIDZ/HAFIDZAH) :
  1. Akan mendapat posisi yang istimewadi mata Allah SWT dan Rasulullah SAW
"Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, "Siapakah mereka ya Rasulullah?" Rasul menjawab, "Para ahli Alquran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya." (HR Ahmad).

  1. Akan mendapat pahala dan dijamin masuk SURGA
  2. Akan mendapat posisi yang terhormat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat
  3. Akan memiliki derajat yang lebih tinggi
  4. Akan memiliki pengetahuan dan ilmu yang lebih
  5. Dan masih banyak lagi. .
SUBHANALLAH . . sungguh mulia dan istimewanya orang yang menghafal Al-Qur’an. Akan tetapi, apabila kita ingin menjadi seorang HAFIDZ maka tatalah hatimu terlebih dahulu. Dan niatkan untuk mendapatkan ke-RIDHAan Allah bukan yang lain. Dan selalu jagalah hati, pikiran dan akhlak. Dan terlebih jaga MATA (penglihatan). Karena, itu merupakan suatu yang berat tapi jika engkau mempunyai niat yang baik lagi dan kuat ,semoga Allah meridhoimu.
Terima kasih atas kunjungannya. . semoga bermanfaat.KEEP FIGHTING !!

0 komentar: